Beberapa Kondisi Ini Bisa Membuat Anda Mudah Limbung

meraih kabel darurat - falling potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Ada kalanya seseorang mengalami kehilangan kesimbangan dan terjadi limbung. Kondisi limbung ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang tua ataupun anak muda. Limbung yang terjadi bisa disebabkan beberapa faktor.”

Sebelum Anda melanjutkan membaca pembahasan artikel ini, pertama-tama tahukah Anda apa limbung itu?

Limbung adalah suatu kondisi di mana Anda akan merasakan ketidakstabilan pada saat berjalan. Tidak stabil ini bukan karena jalanan yang Anda pijak tidak rata, melainkan gaya berjalan itu sendiri. Beberapa gaya jalan yang tidak stabil adalah kaki terseret, berjalan tidak rata, dan banyak lainnya.

Maka, pada saat Anda berjalan dengan gaya yang tidak stabil kerap sekali menimbulkan risiko terjatuh dan cedera. Meskipun terdenger sepele, tetapi fakta menunjukkan bahwa sebanyak 65% kasus cedera disebabkan karena seseorang mengalami limbung atau hilang keseimbangan. Oleh karena itu, jika limbung sudah mengganggu aktivitas Anda, maka Anda memerlukan bantuan tenaga medis.

Penyebab terjadinya limbung

Limbung bisa terjadi karena ada masalah antara sinyal yang dikirim telinga kepada otak. Sehingga ketika dua bagian tubuh tersebut tidak sinkron, seseorang bisa mengalami limbung, pusing, dan gejala lainnya.

Banyak penyebab orang mengalami limbung, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Masalah penglihatan

Jika penglihatan Anda sudah memburuk secara bersamaan pula akan membuat kemampuan fokus dan menjaga keseimbangan menjadi berkurang. Maka dari itu, tak jarang ditemukan ketika mata sudah tidak lagi melihat dengan baik, orang tersebut akan mengalami limbung.

  1. Masalah tekanan darah

Permasalahan tekanan darah akan dikaitkan dengan tekanan darah tinggi atau rendah. Orang yang memiliki tekanan darah rendah akan lebih rentan mengalami pusing, limbung, dan jatuh secara tiba-tiba.

  1. Masalah kekuatan otot

Seiring bertambahnya usia, maka otot-otot tubuh pun mengalami penurunan dan menjadi melemah. Sebab pelemahan otot itulah orang akan tiba-tiba merasa limbung dan kehilangan keseimbangan. Limbung karena lemah otot ini tidak hanya terjadi pada orang tua, tetapi bisa terjadi oleh siapa saja.

Untuk mengurangi faktor risiko ini, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan olahraga secara teratur dan membuat pola hidup sehat. Dengan berolahraga, maka tubuh akan terjaga kebugarannya baik untuk saat ini maupun saat tua nanti.

  1. Masalah pada sistem vestibular

Sistem vestibular adalah sistem yang terletak di telinga dan bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh. Sistem yang ada di telinga ini nantinya akan membantu otak untuk melakukan beberapa perintah, seperti duduk, berjalan, dan lainnya. 

Akan tetapi, bila sistem vestibular ini mengalami penurunan kinerja dan tidak terjadi sinkron, maka seseorang akan mengalami limbung hingga terjatuh.

  1. Masalah efek samping obat tertentu

Ketika Anda mengonsumsi suatu obat, maka kadangkala efek samping berupa gejala pusing dan limbung bisa terjadi. Salah satu contoh efek samping yang peling sering dirasakan adalah efek kantuk setelah mengonsumsi suatu obat. Rasa kantuk yang timbul akan membuat Anda kehilangan keseimbangan dan mudah terjatuh.

  1. Masalah kesehatan lainnya

Banyak penyakit yang bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh, seperti stroke, vertigo, labirinitis, dan lainnya. Bahkan, beberapa obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tersebut bisa menimbulkan efek samping seperti pusing, penglihatan menurun, hingga merusak bagian telinga dalam sehingga tubuh kehilangan keseimbangan dan terjadilah limbung.

Tidak hanya beberapa penyebab di atas, kondisi medis di bawah ini juga bisa menyebabkan limbung meskipun jarang terjadi.

  1. Kerusakan saraf

Kerusakan saraf atau neuropati perifer atau kerusakan saraf ini bisa disebabkan karena diabetes, infeksi, kekurangan vitamin, terlalu banyak meminum alkohol, dan faktor lainnya yang bisa menimbulkan dampak tubuh seseorang mengalami limbung.

  1. Tumor otak

Gejala yang sering timbul jika seseorang mengidap tumor otak adalah limbung, hilangnya keseimbangan, mudah jatuh, dan juga pusing. Namun, limbung karena tumor otak adalah gejala yang jarang terjadi, sehingga Anda tidak perlu merasa cemas dan takut berlebihan ketika mengalami limbung.

Timbulnya ketidakseimbangan dalam tubuh disebabkan karena adanya gangguan koordinasi otak karena munculnya tumor, sehingga otak tidak bisa mengirim atau menerima sinyal secara baik maka timbullah keseimbangan tubuh yang buruk.

Tidak ada obat atau pencegahan khusus untuk menghilangkan limbung. Akan tetapi, ketika limbung dibarengi dengan kondisi yang cukup serius, seperti cedera, sakit kepala yang berdenyut, mati rasa, dan lainnya, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda mengetahui alasan utama terjadinya limbung dan bagaimana cara menanganinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *