Bagaimana Cara Membersihkan Kuku Kaki Hitam karena Infeksi dan Penyakit?

Kuku kaki pada umumnya berwarna putih merah muda. Apabila terjadi perubahan warna, mungkin Anda sedang mengalami masalah kesehatan. Begitu pula kuku kaki hitam yang disebabkan karena infeksi jamur dan penyakit. Cara membersihkan kuku kaki hitam pun tidak bisa sembarangan, berbagai pengobatan dibutuhkan seiring dengan proses penyembuhan penyakit utamanya. 

Kuku hitam bisa jadi karena infeksi dan penyakit

Penyebab perubahan kuku kaki diantaranya pengaplikasian cat kuku, kekurangan nutrisi, infeksi dan penyakit, atau trauma fisik, seperti terjepit meja dan sebagainya. Beberapa diantaranya hilang atau sembuh dengan sendirinya. Namun, ada pula yang tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama. Berikut ini penyebab kuku hitam karena infkesi dan beberapa jenis penyakit:

  • Infeksi jamur

Paparan jamur lebih sering menyebabkan warna putih atau kuning, meskipun ada juga yang berubah menjadi hitam akibat penumpukan kotoran. Kuku kaki terutama, sangat rentan terhadap infeksi dan jamur karena kondisi di lingkungan yang lembab dan hangat

  • Melanoma

Jenis kanker kulit ini tergolong sangat serius. Tanda dan gejala awal yang muncul yaitu adanya bercak coklat tua yang tidak beraturan mirip tahi lalat di kulit. Bercak juga bisa terjadi di bawah bantalan kuku sehingg warna kuku berubah menjadi lebih gelap.   

  • Diabetes

Penderita diabetes mengalami kekurangan oksigen sehingga penyebarannya di jari kaki atau anggota gerak bawah lainnya menjadi terhambat. Hal inilah yang menyebabkan jari, terutama bagian kaki, menjadi hitam. 

  • Anemia

Penderita anemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah. Sementara, hemoglobin digunakan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila tubuh, seperti kuku jari, mendapatkan oksigen yang kurang maka dapat berubah menjadi hitam. Tak hanya itu, anemia juga berisiko membuat kuku rapuh dan cekung mirip sendok. 

Terdapat berbagai penyebab kuku hitam lainnya, seperti penyakit jantung dan ginjal. Akan tetapi, tidak semua penderita penyakit tersebut mengalami gejala yang sama, ada yang lebih baik bahkan lebih buruk.

Trauma fisik biasanya disebabkan oleh cedera sehingga pembuluh darah di bawah kuku pecah. Hal ini membuat tampilan kuku juga menghitam.

Bagaimana cara membersihkannya?

Infeksi jamur pada jari-jari kaki cenderung lebih mudah diobati secara mandiri jika diketahui sejak awal. Pengobatan biasanya berupa obat anti-jamur oral, krim oles, atau cat kuku khusus anti-jamur. 

Obat anti-jamur oral biasanya digunakan sebagai pilihan pertama pengobatan karena lebih efektif dan cepat menyembuhkan. Krim dioleskan setelah kuku dibersihkan dan akan lebih baik jika kuku ditipiskan terlebih dahulu. Sedangkan cat kuku anti-jamur juga bisa digunakan pada kuku dan kulit sekitarnya. Untuk mengaplikasikan cat kuku baru, usap cat kuku lama menggunakan aseton atau alkohol terlebih dahulu. 

Kuku kaki hitam yang disebabkan cedera atau trauma fisik, perlahan warna akan menghilang seiring pertumbuhan kuku. Pertumbuhan kuku kaki secara keseluruhan membutuhkan waktu 18 bulan, sementara pertumbuhan kuku tangan lebih cepat yaitu sekitar 6 bulan. Akan tetapi, selama rentang waktu tersebut pertumbuhan kuku masih disertai warna hitam, Anda mungkin perlu waspada dengan penyebab penyakit lainnya.

Perubahan warna kuku berkaitan dengan penyakit seperti, melanoma, anemia, diabetes, penyakit jantung dan ginjal memerlukan pengobatan dan perawatan berkaitan dengan penyakit yang dideritanya. Bagi penderita anemia yang memiliki kuku rapuh, sebaiknya hindari menggigit atau merobek kuku dengan tangan agar tidak timbul kerusakan yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *