Apa Jenis Kandungan Terbaik dalam Pelembap Wajah Pria?

Secara struktur, kulit pria berbeda dari pria, namun tak berarti pria boleh mengabaikan kulit dengan tidak merawatnya sama sekali. Ada banyak perawatan yang tetap dibutuhkan oleh pria, salah satunya adalah produk pelembap wajah pria.

Mungkin beberapa pria mengandalkan produk khusus pria untuk merawat kulitnya, namun tak semua produk tersebut benar-benar memiliki kandungan yang diformulasikan khusus untuk kulit pria. Lalu, kandungan apa yang memberikan hasil terbaik?

Pelembab wajah pria dipilih berdasarkan tipe kulit

Bahan terbaik dalam pelembap wajah pria

Melembapkan adalah solusi terbaik untuk merawat kulit agar tetap terhidrasi, terlihat segar, sekaligus menyehatkan kulit untuk jangka panjang. Tak hanya bagi wanita, namun sangat penting bagi pria untuk menggunakan produk pelembap wajah yang mengandung bahan-bahan terbaik dan cocok untuk kulit.

Sebaiknya, cari produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

1. Mengandung bahan SPF

SPF atau Skin Protection Factor melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB dari matahari yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk kanker kulit. Pastikan produk pelembap wajah pria yang Anda miliki mengandung SPF yang sesuai dengan warna kulit Anda.

2. Asam hialuronat

Asam hialuronat atau hyaluronic acid menjaga kulit tetap elastis seiring bertambahnya usia dengan memicu produksi kolagen dan juga sel-sel kulit yang sehat. Sehingga tak hanya melembapkan kulit, namun kandungan ini juga membuat kulit awet muda dan tetap kencang.

3. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit, sebab fungsinya adalah meminimalisir kerusakan yang terjadi pada kulit akibat sinar matahari. Selain itu, vitamin ini juga mendorong produksi kolagen, menyeimbangkan warna kulit, dan juga melembapkan kulit. 

4. Vitamin E

Temukan produk pelembap wajah pria yang mengandung vitamin E karena mampu melindungi kulit dari efek stres oksidasi yang bisa timbul. Kemudian membantu memperlambat proses penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari serta melembapkan kulit. 

5. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya umum digunakan sebagai bahan utama dari beragam produk pelembap. Kaya akan vitamin dan mineral, aloe vera melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas, serta memperlambat proses penuaan.

6. Dimethylethanolamine (DMAE)

DMAE merupakan zat alami yang membantu otot di bawah kulit berkontraksi sehingga mampu melawan keriput dan garis halus. Bahan ini juga bisa membantu meningkatkan ketebalan kolagen dan memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga terlihat lebih lembap.

7. Methylsulfonylmethane (MSM)

MSM adalah senyawa yang ditemukan di berbagai macam superfood, contohnya adalah bayam dan kale. MSM diketahui mampu melawan inflamasi dan sekaligus meningkatkan kualitas dan tekstur kulit dengan menguatkan keratin dan memperbaiki ikatan kolagen.

8. Asam glikolat

Asam glikolat atau glycolic acid adalah salah satu bentuk AHA (alpha hidroxy acid) yang mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Tak hanya itu, karena membantu menyingkirkan kulit mati, efek yang ditimbulkan akan membuat kulit jadi terlihat lebih lembap.

9. Protein peptides

Peptides merupakan pecahan protein yang dibuat dari asam amino tertentu. Peran peptides diketahui mampu menguatkan kulit dan juga mencegah penuaan kulit, selain itu jika dikombinasikan dengan asam hialuronat dapat memperbaiki tekstur kulit sehingga membuatnya lebih lembap.

10. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu mencegah stres oksidasi yang dapat menyebabkan inflamasi kulit, perubahan warna, dan kerusakan akibat sinar matahari. Anda bisa memilih pelembap wajah pria yang mengandung bahan ini untuk mendapatkan hasil terbaik

Bahan yang harus dihindari

Tak hanya bahan-bahan yang dapat memberikan hasil terbaik, Anda juga harus menghindari satu bahan tertentu agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan. Bahan tersebut adalah alkohol.

Jangan pilih produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alkohol karena justru bisa membuat kulit cepat kering. Penggunaan jangka panjang bisa merusak lapisan kulit  karena menyingkirkan minyak alami di atasnya. 

Kulit adalah organ terbesar di tubuh kita dan tentu saja harus kita rawat dengan baik-baik. Memilih bahan-bahan yang tepat dan terbaik dalam produk pelembap wajah pria adalah salah satu kiat untuk menjaga kesehatan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *