Apa Fungsi Vitamin C? Penting Banget

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang paling dianggap aman diserap oleh tubuh, sekaligus memiliki banyak fungsi kesehatan yang tidak bisa dipandang remeh. Bahkan saking banyaknya manfaat kesehatan dari vitamin ini, Vitamin C kerap disebut sebagai vitamin panjang umur. 

Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi vitamin C yang bisa membuat jenis vitamin ini disebut sebagai vitamin panjang umur. Kenyataannya, vitamin C dapat menghadirkan khasiat yang menghindarkan Anda dari berbagai risiko penyakit kronis maupun kondisi yang menghalangi Anda beraktivitas. 

Penasaran apa saja fungsi vitamin C yang luar biasa tersebut? Berikut ini adalah rangkuman dari beragam manfaat vitamin C yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Meningkatkan Imunitas 

Secara umum vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda. Jadi, Anda tidak akan mudah jatuh sakit akibat infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Bahkan jika sudah terinfeksi, Anda bisa lebih cepat pulih jika mengonsumsi vitamin C yang mencukupi. Kemampuan vitamin C meningkatkan imunitas tubuh karena vitamin ini membantu mendorong produksi sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi.

Mengontrol Tekanan Darah 

Punya riwayat tekanan darah tinggi, coba manfaat dari vitamin C. Dengan Anda mengonsumsi vitamin C, pembuluh darah bisa mengendur sehingga ketegangan yang menyebabkan hipertensi bisa diatasi. Alhasil, tekanan darah pun menjadi lebih terkontrol. Bahkan dalam sebuah penelitian didapati fakta, mengonsumsi vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik atau nilai atas sampai 3,8 mmHg sementara tekanan darah diastolic atau nilai bawa bisa berkurang 1,5 mmHg pada orang dewasa sehat. 

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Apa fungsi vitamin C juga bagus untuk jantung? Tentu saja jawabannya iya. Vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dua alasan. Pertama, kemampuannya mengendurkan pembuluh darah membuat aliran darah tidak sempit sehingga area pengaliran darah dari dan ke jantung lebih besar. Lalu yang kedua, vitamin C bisa menurunkan kadar kolesterol jaat dan lemak dalam darah sehingga pembentukan plak-pak yang menghambat aliran darah bisa dicegah. 

Membantu Hindarkan dari Anemia 

Kebanyakan anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Vitamin C sendiri mempunyai kemampuan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Jadi, kondisi anemia yang membuat Anda lemas dan pucat bisa dihindari. 

Mencegah Serangan Asam Urat 

Mengalami serangan asam urat tentu sangat menyakitkan. Cobalah untuk mengonsumsi vitamin C karena vitamin ini dapat mengurangi kadar kristal asam urat dalam darah dan sehingga serangan asam urat bisa dicegah. Dalam sebuah studi ditemukan fakta, orang-orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko asam urat yang 44 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. 

Memproteksi Memori 

Vitamin C juga bisa melindungi Anda dari penyakit-penyakit kronis yang mengarah pada penurunan fungsi memori otak, seperti demensia maupun Alzheimer. Memiliki kandungan antioksidan yang kuat, vitamin C bisa membantu menghindarkan otak dari stres oksidatif yang merusak kemampuan berpikir dan mengingat. Bahkan dalam sebuah penelitian ditemukan fakta, orang-orang yang mengalami demensia di masa tua ternyata memiliki kadar vitamin C dalam darah yang rendah. 

Memelihara Kesehatan Mata 

Lagi-lagi karena mengandung antioksidan tinggi, vitamin C dapat menghindarkan Anda dari masalah penurunan fungsi penglihatan. Menurut The American Optometric Association, vitamin C bisa mengurangi risiko seseorang risiko terkena katarak ataupun degenerasi makula terkait usia. Untuk bisa memperoleh manfaat vitamin C yang memelihara kesehatan mata ini, Anda dianjurkan mengonsumsi vitamin C minimal 500 mg per hari. 

Menjadi Antipenuaan Kulit 

Mau punya kulit awet muda, cobalah manfaat vitamin C. Mengonsumsi makanan-makanan sumber vitamin C ataupun suplemen terkait sangat efektif merangsang produksi kolagen sintesis dalam tubuh. Yang pada akhirnya, kolagen ini bisa menghindarkan Anda dari berbagai gejala penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerut, maupun kulit kusam. Produksi kolagen yang melimpah akibat dipicu vitamin C ini juga mampu membuat penyembuhan luka di kulit lebih cepat. 

*** 

Sekarang sudah tidak bertanya-tanya apa fungsi vitamin C, bukan? Justru saat ini, Anda mungkin sedang sibuk mencari apa saja sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi tiap hari supaya dapat merasakan khasiat vitamin ini. Jangan lupa ya, batas maksimal pengonsumsian vitamin C harian tidak boleh lebih dari 2.000 mg. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *