Amankah Menggunakan Masker Charcoal?

Belakangan ini charcoal aktif telah menjadi bahan populer di dunia kecantikan. Anda akan menemukannya dalam berbagai produk kecantikan, mulai dari pembersih wajah dan sampo hingga sabun dan scrub. Masker charcoal sendiri diyakini dapat menarik bakteri dan kotoran dari kulit, sehingga charcoal aktif juga menjadi bahan yang populer untuk masker wajah.

Charcoal aktif, juga disebut karbon aktif, adalah bubuk hitam halus yang diproduksi ketika arang biasa terkena panas tinggi. Paparan ini menciptakan ruang internal kecil atau lubang di arang yang membuatnya sangat menyerap dan mampu menjebak bahan kimia dan racun. Meskipun charcoal aktif adalah jenis arang, charcoal aktif berbeda dari arang yang digunakan pada panggangan outdoor. Berikut beberapa manfaat masker charcoal untuk wajah Anda:

  • Menghapus atau menghilangkan kotoran dari kulit

Karena charcoal aktif memiliki kemampuan menyerap bakteri dan racun di dalam tubuh, beberapa ahli kulit percaya bahwa masker wajah arang dapat membantu menarik kotoran dari kulit. Penggunaan masker wajah charcoal dapat membuat kulit lebih sehat dan lebih jernih.

  • Memperbaiki wajah dari jerawat

Jerawat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit Anda. Sifat antibakteri charcoal aktif dapat membantu mengangkat bakteri dari pori-pori, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki kulit secara keseluruhan.

Seperti masker wajah pada umumnya, Anda disarankan untuk menggunakan masker charcoal sekali atau dua kali dalam seminggu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, atau kulit Anda terasa kering setelah menggunakan masker charcoal, Anda disarankan untuk menggunakan masker seminggu sekali atau setiap beberapa minggu sekali.

Karena masker perlu didiamkan pada kulit Anda selama sekitar 15 menit, lebih nyaman untuk memakai masker di dalam rutinitas perawatan kulit malam hari Anda. Jika Anda menggunakan masker di pagi hari, Anda bisa melakukannya sebelum mandi, dan kemudian mencuci masker sesudahnya.

Ketika Anda membeli masker charcoal yang terdapat di toko, pastikan untuk memilih masker yang memiliki bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, cari masker charcoal yang mengandung tanah liat. Bahan ini dapat membantu menyerap minyak berlebih dan juga dapat membantu membersihkan pori-pori Anda dan mencegah jerawat. Jika Anda memiliki kulit kering, pilih masker charcoal dengan bahan melembabkan seperti asam hialuronat, minyak zaitun, atau minyak jojoba.

Berbagai jenis dan merk masker charcoal akan memiliki bahan yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca label produk dengan cermat sebelum Anda membeli.

Penggunaan masker charcoal aman dan memiliki manfaat yang baik untuk kulit, namun Anda disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan masker charcoal karena dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan kesensitifan.

Sebelum menggunakan masker charcoal untuk pertama kalinya, ada baiknya untuk menguji produk pada sepetak kecil kulit di bagian dalam siku Anda. Jika Anda tidak mengalami gatal-gatal atau kemerahan dalam beberapa jam, Anda dikatakan aman untuk menggunakan masker charcoal pada kulit wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *