Acitral Sirup, Obat Untuk Atasi Kelebihan Asam Lambung

Asam lambung yang naik ke kerongkongan membuat rasa yang tidak nyaman dan tidak enak bagi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sensasi panas seperti terbakar di dada, mulut terasa asam atau pahit, serta mual, bahkan banyak gejala lainnya. Penyakit asam lambung terjadi karena adanya kelainan pada lambung.

Acitral suspensi adalah obat untuk membantu meringankan gejala maag seperti mual dan perut kembung

Saluran pencernaan memiliki katup pada pintu masuk ke perut. Dalam kondisi normal, katup tersebut akan terbuka dan tertutup kembali setelah makanan masuk. Jika ada masalah maka katup tersebut tidak akan tertutup rapat sehingga menyebabkan asam lambung naik dari perut ke kerongkongan.

Untuk mengatasi kelebihan asam lambung tersebut obat yang dapat Anda gunakan, yaitu obat Acitral Sirup. Obat sirup ini mengandung zat aktif yang dapat membantu meredakan asam lambung.

Deskripsi dan manfaat obat Acitral Sirup

Obat Acitral sirup adalah golongan obat bebas yang dapat diperoleh tanpa harus menyertakan resep. Obat produksi Interbat ini bermanfaat mengatasi kondisi yang disebabkan oleh berlebihnya asam lambung, seperti luka yang terdapat pada lambung (tukak lambung), luka pada usus dua belas jari (tukak duodenum), serta gastritis. 

Gangguan pencernaan lainnya seperti mual, perut kembung, nyeri pada ulu hati, dan nyeri lambung juga dapat diobati dengan obat ini. obat Acitral dijual dalam bentuk sirup atau suspensi dan bentuk tablet. 

Siapa yang dapat mengonsumsi obat Acitral sirup?

Obat Acitral sirup diperbolehkan dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak usia 6 hingga 12 tahun. Untuk anak umur di bawah 6 tahun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi obat ini kecuali dengan atas petunjuk dokter. Begitu pula dengan ibu hamil dan menyusui harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda.

Penggunaan pada ibu hamil atau menyusui bisa saja mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin. Meski demikian, belum terdapat penelitian terkontrol untuk penggunaan Acitral suspensi pada ibu hamil. 

Kandungan dan komposisi obat Acitral sirup

Dalam obat Acitral sirup terkandung zat aktif aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan juga simethicone. Untuk komposisinya, tiap dosisnya (5 ml) terkandung:

  • Gel kering aluminium hidroksida sebesar 200 mg
  • Magnesium hidroksida sebanyak 200 mg
  • Simethicone 20 mg

Dosis dan aturan pakai obat Acitral sirup

Obat Acitral sirup harus dikonsumsi 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan serta menjelang tidur. Untuk dosisnya sendiri, untuk dewasa minumlah sebanyak 1-2 sendok takar (5-10 ml) sebanyak 3-4 kali sehari. Sementara untuk anak-anak usia 6-12 tahun dapat mengonsumsi sekitar ½ sampai 1 sendok takar (2,5-5 ml) sebanyak 3-4 kali sehari.

Jika Anda lupa atau melewatkan jadwal minum obat Anda, segeralah minum selagi Anda mengingatnya jika masih dalam waktu yang berdekatan dengan jadwal. Namun, jika waktu telah berlalu terlalu lama hingga mendekati jadwal berikutnya, maka abaikan saja dosis yang terlewat dan mulailah kembali. 

Tidak diperkenankan untuk menggandakan dosis yang telah terlewat karena dapat mengakibatkan overdosis. Mintalah orang terdekat Anda untuk mengingatkan Anda meminum obat Anda atau pasanglah alarm sesuai jadwa minum obat Anda.

Efek Samping obat Acitral sirup

Efek samping mungkin saja timbul setelah konsumsi obat Acitral sirup. Meski demikian, tentunya manfaat obat tersebut lebih besar dari pada risikonya. Berikut efek samping yang bisa ditimbulkan:

  • Sakit kepala

Untuk mengatasinya, beristirahatlah dan minum banyak cairan tetapi hindari minum banyak alkohol. Mintalah rekomendasi dari apoteker atau dokter Anda bila ingin mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Hubungi dokter apabila sakit kepala tidak membaik lebih dari seminggu atau sakit bertambah buruk. 

  • Mual dan muntah

Jika mengalami efek samping mual dan muntah karena sakit perut, segera hubungilah dokter Anda. Minum air yang cukup agar Anda tidak dehidrasi, dengan gejala seperti urin lebih sedikit, berwarna gelap serta berbau kuat. 

  • Kesulitan buang air besar (konstipasi)

Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, baik berupa sayuran, buah segar, dan sereal, serta minum minimal 6 gelas air setiap hari.

  • Diare

Jika terjadi diare, Anda disarankan untuk meminum sedikit air dalam waktu yang sering. Jangan sembarang minum obat lain untuk mengatasi diare Anda tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada tenaga kesehatan seperti dokter atau apoteker. 

Perhatian Khusus konsumsi obat Acitral sirup

Meski merupakan obat bebas, namun Anda harus tetap memperhatikan pedoman sebelum atau saat mengonsumsi obat ini. Kondisi yang paling membutuhkan perhatian khusus adalah:

  • Penderita gangguan fungsi ginjal dan kegagalan fungsi ginjal karena dapat menimbulkan peningkatan kadar magnesium dalam darah
  • Penderita yang sedang menjalani diet rendah magnesium dan diet rendah fosfat
  • Tidak diperbolehkan mengonsumsi bersama obat untuk menangani kadar fosfat yang tinggi dalam darah (hiperfosfatemia)

Kontraindikasi obat Acitral sirup

Obat Acitral sirup tidak boleh dikonsumsi jika Anda memiliki kondisi:

  • alergi terhadap kandungan obat ini
  • mengalami dehidrasi
  • memiliki masalah pada ginjal, termasuk batu ginjal
  • sering mengonsumsi alkohol
  • memiliki penyumbatan pada usus

Kapan harus menghentikan penggunaan dan menghubungi dokter?

Anda dapat menghentikan penggunaan obat ini dan segera menghubungi dokter apabila mengalami: 

  • Nyeri tulang dan kelemahan otot
  • Kebingungan, perubahan kondisi mental, serta kejang
  • Kulit pucat, merasa pusing atau sesak napas, dan detak jantung cepat

Acitral sirup menjadi salah satu obat untuk mengatasi penyakit akibat kelebihan asam lambung seperti tukak lambung dan tukak duodenum, mual, muntah, perut kembung dan gejala lainnya. Obat ini adalah obat bebas yang banyak Anda temui dan tidak perlu menyertakan resep dokter.

Dapatkan obat Acitral sirup di Toko SehatQ, pasti asli serta nikmati promo gratis ongkir! Kunjungi Toko SehatQ di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang aplikasinya di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *