8 Rekomendasi Dongeng Anak Sebelum Tidur yang Bisa Jadi Pilihan

Apakah Anda suka menceritakan dongeng anak sebelum tidur bersama Si Kecil? Nah, jika memang sering, maka ini akan sangat bagus karena menceritakan dongeng bisa memberi banyak stimulasi positif pada tumbuh kembang anak.

Alur cerita dongeng terkadang tidak masuk akal bagi orang dewasa. Karena memang cerita dongeng merupakan kisah yang tidak benar-benar terjadi. Selain itu, setting waktu pada dongeng terjadi pada zaman dahulu kala, dengan peristiwa yang aneh-aneh.

Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

Dongeng anak ada banyak sekali yang bisa dibacakan. Mulai dari dongeng Indonesia hingga dongeng dari luar negeri. 

Berikut beberapa rekomendasi kisah dongeng anak sebelum tidur yang bisa jadi pilihan untuk dibacakan pada Si Kecil.

  1. Timun Mas

Cerita Timun Mas cukup populer karena sering diceritakan di buku-buku dongeng. Dari dongeng Timun Mas, anak diajarkan agar kita tidak lelah berdoa dan terus berusaha meraih apa yang diimpikan. 

Timun Mas juga mengajarkan bahwa kita tidak seharusnya takut pada orang hanya dari penampilan fisiknya saja. Karena ternyata kecerdikan bisa mengalahkan kekuatan secara fisik yang dimiliki.

Timun Mas berhasil mengalahkan raksasa karena kecerdikannya. Cerita ini tentu bagus untuk diceritakan pada Si Kecil agar bisa mengambil pelajaran.

  1. Malin Kundang

Siapa sih yang tidak tahu cerita Malin Kundang? Cerita rakyat asal Sumatera Barat ini sering kita dengar diceritakan secara turun-temurun oleh orang tua terdahulu pada anak-anaknya.

Malin Kundang diceritakan sebagai anak durhaka karena tidak mengakui ibu kandungnya sendiri. Si Malin yang sukses di perantauan tidak lagi mengakui ibunya yang lusuh dan miskin.

  1. Si Kancil

Dongeng anak sebelum tidur yang paling sering diceritakan adalah Si Kancil. Si Kancil bercerita tentang kecerdikan Kancil memperdaya Pak Tani.

Kecerdikan Kancil memang patut ditiru. Sayangnya, anak juga perlu diberitahu bahwa sifat licik, mencuri, dan suka berbohong yang dimiliki kancil bukan merupakan sikap baik sehingga tidak boleh ditiru.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih merupakan cerita yang sangat populer, bahkan sudah dijadikan film. Dongeng ini mengajarkan pada anak agar selalu menjadi anak yang baik, penyayang, dan tidak pendendam.

Selain itu, dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih ini uga memberitahu bahwa jika seseorang berbuat jahat, maka akan mendapatkan balasan setimpal. 

  1. Pinokio

Pinokio ini merupakan dongeng anak yang datang dari Italia. Cerita Pinokio ini mengajarkan anak agar tidak suka berbohong. 

Pinokio sendiri merupakan boneka kayu yang dapat hidup. Dia diceritakan berbakti pada ‘penciptanya’, seorang tukang kayu Geppetto.

  1. Kelinci yang Sombong dan Kura-kura

Kelinci yang sombong bisa menjadi contoh dongeng anak sebelum tidur yang menceritakan tentang kelinci yang memiliki sifat sombong. 

Kelinci menjadi sombong dan angkuh karena merasa jadi hewan paling cepat dalam hutan. Sedangkan seekor kura-kura yang lambat dinilai tidak bisa menyaingi kecepatan Kelinci Sombong. 

Nyatanya, apa pun bisa terjadi. Saat perlombaan lari antara Kelinci dan kura-kura, Kelinci yang sudah berlari jauh tiba-tiba masuk ke dalam sungai dalam.

Lalu, melihat kejadian itu, kura-kura datang menolong Kelinci dan menyelamatkannya. Sejak saat itu, kelinci berteman baik dengan kura-kura.

  1. Anak Kambing dan Serigala

Cerita dongeng Anak Kambing dan Serigala ini menceritakan tentang seorang anak kambing yang digambarkan memiliki sifat sombong, sedangkan serigala sangat bijaksana.

Ceritanya, anak kambing diletakkan di atas atap oleh majikannya agar tidak terjangkau oleh binatang buas. Kambing yang merasa aman lalu mengejek dan juga mencaci serigala yang berada di bawahnya.

Meski dicaci, serigala tidak marah apalagi dendam pada anak kambing yang sombong. 

Dari kisah ini, kita bisa mengajarkan anak agar tidak suka mengejek dan mencaci orang lain, karena sifat ini sangat tidak terpuji.

  1. Semut dan Belalang

Dongeng ini menceritakan seekor belalang yang kerjanya hanya bersantai dan tidak siap siaga mempersiapkan kebutuhan untuk memasuki musim dingin.

Sedangkan semut, sangat rajin dan tetap bekerja untuk mengumpulkan cadangan makanan untuk musim dingin nanti. 

Akhirnya, belalang kelaparan di musim dingin karena tidak punya makanan ketika seluruh daerah diselimuti salju. Sedangkan semut bersenang-senang karena punya banyak sekali makanan.

Itulah 8 dongeng anak sebelum tidur yang bisa Anda ceritakan pada Si Kecil. Masing-masing dongeng punya pelajaran yang bisa diambil untuk bekal kehidupan anak nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *