7 Sayuran Berwarna Ungu, Kaya Antioksidan dan Baik Untuk Kesehatan

7 Sayuran Berwarna Ungu, Kaya Antioksidan dan Baik Untuk Kesehatan
Raw purple vegetables over gray concrete background. Cabbage, radicchio salad, kohlrabi, carrot, cauliflower, onions, artichoke, beans, potato, plums. Top view, flat lay.

Menyantap sayuran setiap hari tentunya menyehatkan dan dipercaya baik untuk tubuh. Sayuran identik dengan warna hijau, namun tidak ada salahnya untuk menyantap sayuran berwarna lainnya. Salah satunya adalah sayuran berwarna ungu yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu kerusakan sel serta mampu melindungi tubuh Anda dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Berbagai sayuran berwarna ungu yang menyehatkan

Sayuran berwarna ungu tidak susah ditemukan. Anda dapat menemukannya di pasar tradisional maupun supermarket. Berikut rekomendasi 7 sayuran berwarna ungu yang dapat Anda pilih:

  1. Wortel Ungu

Terkenal dengan warna oren, ternyata sayur wortel juga memiliki varian yang berwarna ungu. Wortel ungu memiliki zat antioksidan yang kuat seperti anthocyanin, cinnamic acid, dan chlorogenic acid yang dapat melawan radikal bebas. 

Selain itu, jumlah antioksidan polifenol pada wortel ungu lebih banyak dibanding dengan jenis wortel lainnya. Mengkonsumsi makanan yang kaya kana polifenol memiliki resiko lebih rendah dalam mengalami penyakit obesitas, diabetes, dan jantung. Wortel ungu juga mempunyai kandungan lainnya yang sama seperti wortel oren, yaitu beta karoten dan vitamin A. 

  1. Terong

Rekomendasi sayuran berwarna ungu yang kedua adalah Terong. Terong sangat mudah ditemui dan harganya cukup terjangkau. Mengandung antioksidan, vitamin K, C, B6 serta mangan, terong adalah sayuran yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

Kulit terong yang berwarna ungu mengandung anthocyanin nasunin yang dapat mencegah peradangan. Tidak hanya itu, terong juga dapat mengurangi resiko kanker, risiko kardiovaskuler, serta mencegah penuaan otak.

  1. Kembang Kol Ungu

Kembang kol ungu memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan kembang kol putih, yaitu tinggi serat dan rendah kalori. Kembang kol ungu merupakan hasil perkawinan silang yang mengandung vitamin C, K, B6 dan folat. 

Kandungan pada kembang kol dipercaya mampu mengurangi risiko kanker, terutama kanker paru-paru dan pencernaan.

  1. Kale Ungu

Kale merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Sayuran ini dijuluki ‘queen of greens’ dan kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral.

Beberapa kandungan bermanfaat yang dimiliki kale ungu adalah quercetin, kaempferol, dan p-coumaric acid yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Buah Bit

Buah bit mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan B6. Selain itu, di dalamnya juga terdapat nitrogen anorganik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mengkonsumsi buah bit juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 3-10 mmHg dalam beberapa jam. Buah bit juga dapat menghindarkan demensia dan meminimalkan risiko penyakit kronis berbahaya lainnya. 

  1. Ubi Ungu

Ubi merupakan sumber karbohidrat yang menyehatkan. Memiliki kandungan antosianin, ubi dapat menyehatkan kesehatan jantung dan mata serta menurunkan risiko penyakit kronis. 

Ubi dapat dipertimbangkan untuk  Anda konsumsi, karena ubi memiliki rasa manis dan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

  1. Kubis Ungu

Sayuran berwarna ungu yang terakhir adalah kubis ungu. Sayuran ini mengandung 36 jenis antioksidan dan memiliki kandungan belerang yang hampir mirip dengan brokoli. Belerang dalam kubis ungu akan sangat terasa saat dikonsumsi, namun hal ini dipandang tidak berbahaya. 

Kubis ungu memiliki kandungan antosianin, flavonoid, karotenoid, dan antioksidan lainnya. Selain itu, kubis ungu juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Itu tadi 7 rekomendasi sayuran berwarna ungu yang dapat Anda konsumsi dan memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. 

Anda akan semakin banyak mendapatkan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berwarna. Jadi, tak ada salahnya menambahkan sayuran berwarna pada piring Anda dan membuat makan lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *