5 Tip Tetap Sehat Selama Musim Pancaroba

Musim pancaroba adalah peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya. Akan tetapi, belakangan ini pergantian musim sering kali tidak sesuai waktu yang seharusnya. Misalnya saja, seharusnya di bulan September sudah memasuki musim penghujan, namun pada kenyataannya cuaca panas terik masih saja terjadi.

musim pancaroba

Selain itu, perubahan cuaca yang tiba-tiba pun sering kali membuat kesehatan beberapa orang menjadi kurang baik. Bagaimana tidak, ketika di siang hari yang panas, tiba-tiba cuaca langsung berubah menjadi hujan. Bahkan tidak jarang hal tersebut membuat beberapa orang merasakan demam hingga sakit kepala.

Musim pancaroba sering kali ditandai dengan frekuensi angin yang cukup tinggi, hujan deras hingga berubah badai. Beberapa penyakit sering kali dialami oleh mereka yang memiliki imunitas tubuh rendah. Beberapa penyakit yang sering kali melanda antara lain:

  • Demam
  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • DBD
  • Nyeri sendi

Selain itu, pada beberapa orang akan merasa tubuhnya menjadi lebih cepat Lelah, sering bersin, dan sangat sensitif. Jika tidak melakukan gaya hidup sehat maka bukan tidak mungkin Anda bisa terserang beberapa penyakit di atas. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat di musim pancaroba.

  1. Konsumsi air yang cukup

Mengonsumsi air yang cukup dapat mengindari Anda dari gejala dehidrasi, terlebih lagi jika perubahan musim terjadi ke musim panas. Udara akan sedikit lembab namun sudah memasuki musim panas, membuat Anda lebih mudah haus. Dengan mengonsumsi air yang cukup per harinya, maka akan mambuat saluran hidung dan tenggorokan Anda tetap terhidrasi. Pasalnya, saluran hidung dan tenggorokan yang kering bisa mengundang bakteri untuk bertahan dan berkembang.

Mulailah hari Anda dengan mengonsumsi air putih dengan suhu ruangan dan air perasan setengah jeruk lemon. Hal ini sangat baik untuk pencernaan dan vitamin C alami untuk membantu Anda tetap sehat, juga dapat memulihkan flu lebih cepat.

  • Istirahat cukup

Tidak semua orang dapat tidur atau istirahat dengan baik dan cukup. Banyak dari mereka yang sering kali merasakan kesulitan tidur Ketika musim pancaroba tiba. Merasa gelisan dan mengalami perubahan mood. Jadi, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Dengan begitu tubuh akan terasa fit Kembali jika Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Mulai bergerak

Meskipun cuaca diluar sedang mengalami perubahan yang terkadang membuat Anda malas beraktivitas, tetapi inilah saatnya Anda untuk bergerak. Lakukan latihan atau olahraga meskipun hanya 30 menit per harinya. Misalnya saja lari, jalan cepat ataupun melakukan beberapa latihan fisik lainnya.

Dengan kegiatan tersebut akan membuat Anda mengeluarkan keringat dengan berbagai manfaat. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu mencegah atau mengurangi flu yang Anda derita. Selain itu, olahraga pun dapat membantu Anda mengelola stres dengan begitu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat.

  • Akali alergi Anda

Bagi beberapa orang yang menderita alergi, perubahan iklim di musim pancaroba adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. Alergi musiman tersebut tentu akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak bersemangat. Jadi, pastikan untuk mengantisipasi alergi yang mungkin bisa muncul saat peralihan musim seperti ini.

Misalnya saja Anda bisa menggunakan masker ketika banyak orang di sekitar Anda mengalami flu atau cuaca panas terik yang menyebabkan banyak debu bertebaran. Jangan lupa juga untuk menyiapkan obat alergi untuk berjaga.

  • Hidup sehat

Selain rutin berolahraga, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat juga. Berikut beberapa makanan yang terbukti dapat mencegah masuk angina tau flu. Seperti, salmon, tiram, bawang putih, jeruk, yogurt, paprika merah, jamur, sayuran berdaun hijau, cokelat hitam, wortel, gandum dan banyak lagi makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Bagaimana sudah siap mengahadapi musim pancaroba? Semoga beberapa tip di atas bisa membuat Anda menjaga imunitas tubuh tetap baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Hal yang paling penting adalah mengatur mood untuk tetap bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *