4 Alasan Labu Siam Bisa Turunkan Berat Badan

Termasuk merupakan salah satu buah-buahan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, labu siam dengan rasa manisnya ini memiliki nama latin Sechium edule.  Kalori labu siam membuah jenis buah-buahan ini kerap dijadikan masakan seperti sayur asam, gado-gado hingga ketupat sayur, mengonsumsinya dengan dikukus atau direbus bisa menurunkan kolesterol dan berat badan.

kalori labu siam

Labu siam memiliki kandungan mineral yang penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin K, vitamin E, sodium, kalsium, zat besi dan magnesium. Sementara itu, lemak yang terdapat pada labu siam juga tergolong sebagai lemak baik dan tidak memiliki kolesterol jahat atau LDL.

Alasan Diet dengan Labu Siam

  1. Kaya Akan Serat

Diet tinggi serat efektif membantu konstipasi sekaligus dengan menyehatkan usus lewat alur pembuangan yang normal dengan rendah kalori labu siam. Satu buah labu siam mengandung 3,5 gram serat dan mampu memberi 14 persen kebutuhan serat seseorang sekitar 25 gram. Serat juga membantu mengontrol kadar gula darah, sangat disarankan bagi penderita diabetes.

  • Memberi Hidrasi

Disebut juga dengan tanaman jipang hanya memiliki 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak, meski rendah kalori seseorang akan tetap merasa kenyang dalam jangka waktu cukup panjang karena kandungan air dan serat yang dmilikinya. Cara mengonsumsi labu siam juga cukup mudah, bisa dibuat camilan dengan tujuan mempertahankan rasa.

Labu siam yang dijadikan camilan tidak akan mengurangi kebutuhan tubuh aakn asupan kalori harian. Selain dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai camilan, labu siam memiliki tekstur yang lembut sehingga mampi ditempatkan sebagai bagian dari salad atau sekadar tambahan saja.

  • Sebagai Antioksidan

Labu siam merupakan sumber folat dan vitamin C yang tinggi, kandungan ini membuat labu siam mampu berkontribusi 189 mikrogram folat untuk diet. Jumlah ini diprediksi mampu memenuhi sebanyak 50 persen kebutuhan yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. Selain itu, vitamin C menjadi antioksidan penting yang membantu tubuh melawan radikal bebas.

  • Mundukung Fungsi Saraf dan Otot

Labu siam mengandung zing, magnesium, kalsium fosfor dan kalium, zinc yang disumbangkan sekiyar 1 miligram atau setara untuk memenuhi tujuh persen kebutuhan harian. Zinc memiliki fungsi yang cukup penting, yakni sebagai penyembuh luka. Sementara kalsium dan magnesium mampu memperkuat tulang serta potasium untuk fungsi saraf dan otot.

Labu siam baik dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa hingga lanjutusia, akan sangat disayangkan jika banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang dlewatkan begitu saja. Salah satunya yakni membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Buah ini memiliki efek diuretik ditambah sifat antioksidan yang memiliki peran penting dalam penurunan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Selain itu, buah ini juga mengandung magnesium dalam jumlah cukup tinggi, hal inilah yang membuat labu siam sangat baik untuk pengidap hipertensi.

Meski memiliki rasa manis, rendah kalori labu siam dan kandungan lemaknya bisa mengurangi penimbunan lemak di dalam tbuh. Selain kaya akan serat, seperti yang telah dijelaskan di atas jika labu siam mampu memberi efek mengenyangkan perut.

Diet yang dilakukan tentu membuat energi dalam tubuh juga semakin cepat habis, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena labu siam mampu menjadi penambah stamina tuuh. Hal ini didapat dari kandungan senyawa elektrolit di dalam buah ini dan tersedia cukup besar. Eelektrolit ini ditemukan dalam bentuk potasium maupun kalium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *